Tag Archive: rambut



Berpakain tapi telanjangSAM  JACKSON, bos sebuah perusahaan di New Castle, Inggris pernah mengatakan, ” Sekarang kita bisa saling melihat satu dengan yang lain dalam keadaan telanjang, tidak ada penghalang lagi. Dengan tradisi baru ini, kami menemukan bahwa kami menjadi lebih bebas dan terbuka terhadap satu dan lainnya. Dampaknya terhadap perusahaan menjadi lebih baik.”

Menurutnya, ide, inovasi dan terobosan kreatif amat penting dilakukan di masa-masa krisis ekonomi seperti sekarang ini. Bekerja dalam keadaan telanjang diyakininya dapat memompa semangat dan meningkatkan produktivitas kerja. Mengenakan pakaian merupakan penghalang bagi peningkatan prestasi kerja. Dengan cara ini omzet perusahaan akan meningkat karena para karyawannya sangat bergairah ketika bekerja. Baca lebih lanjut

Iklan

Cantik itu Tak Harus Putih


BANYAK banget remaja yang salah mengira bahwa cantik itu identik dengan putih. Karena asumsi inilah akhirnya membuat para remaja terutama yang cewek tergila-gila dengan perawatan kulit. Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk pergi ke salon dan spa sekadar agar kulit terlihat lebih putih. Berapa banyak juga produk lotion yang dilumurkan ke tubuh agar mendapatkan kulit putih ideal.

Siapakah yang diuntungkan dari asumsi salah semacam ini? Negara produsen produk kecantikan jawabnya. Mereka berlomba-lomba membuat produk dan diberi merk bahkan dengan embel-embel khusus untuk daerah tropis agar laris. Remaja pun merasa malu bila belum pernah memakainya. Jadilah, remaja-remaja putri itu lebih mementingkan penampilan wajah dan fisik daripada akal dan akhlak. Baca lebih lanjut


Muslimah Penentu Kemenangan Umat Islam


BUKANLAH suatu kebetulan bahwa Al-Qur’an menginformasikan kita di dalam surat Al-Qashash mengenai konflik antara Nabi Musa dan Firaun, lalu menjadikan wanita sebagai fokus titik tolak kebangkitan. Allah menyatakan, “Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi (bumi).” (Al-Qashash 5).

Maka, proses menjadikan orang-orang tertindas itu sebagai pemimpin merupakan inisiasi kebangkitan, yang dimulai dengan seorang wanita. Allah berfirman, “Dan kami ilhamkan kepada ibu Musa; “Susuilah dia, dan apabila kamu khawatir terhadapnya maka jatuhkanlah dia ke sungai (Nil). Dan janganlah kamu khawatir dan janganlah (pula) bersedih hati, karena sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan men jadikannya (salah seorang) dari para rasul.” (Al-Qashash 7). Baca lebih lanjut


4 Kondisi Tubuh yang Memicu Rambut Rontok


Sebagian besar penyebab rambut rontok adalah imbas dari perilaku orang tersebut seperti sering mewarnai rambut, pengeritingan dan meluruskan rambut berulang-ulang atau salah menggunakan shampoo.

Namun pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh kesehatan orang tersebut. Karena beberapa penyakit dan obat-obatan tertentu bisa menyebabkan rambut menjadi rontok, kusam atau rapuh.

Seperti dikutip Dailymail, Senin (31/5/2010), terdapat beberapa kondisi tubuh yang bisa menyebabkan rambut rontok, yaitu: Anemia Baca lebih lanjut


Warna Rambutmu adalah Cermin Dirimu

Rambut adalah mahkota perempuan. Gak ada yang menyangkal definisi ini. Kalo cowok gundul dan botak, mereka gak ambil pusing. Kalo cewek, rambutnya mulai rontok agak banyak aja udah pada ribut. Hayo…iya apa iya? Karena itu kesehatan rambut kudu dijaga dengan baik dan benar. Gak boleh asal-asalan.

Dari sekian banyak pemeliharaan rambut dari ahli kecantikan, gak ada yang bisa menandingi resep mujarab yang satu ini. Apakah itu? Yup, menutupinya dengan secarik kain bernama kerudung apabila keluar rumah.    

Why? Karena emang rambut perempuan itu sangat sensi dan butuh untuk dilindungi. Shampo-shampo dan conditioner banyak diproduksi sekadar untuk memberi perlindungan pada rambut agar tetap terlihat cantik dan nggak rusak terkena debu dan matahari.

Gak salah sih kalo kamu mau pake berbagai jenis perawatan rambut itu. Tapi itu semua gak cukup. Kamu kudu dan harus melindungi rambut kamu dengan resep cespleng dari Yang Maha Tahu tentang manusia khususnya makhluk berjenis perempuan.  

Kenapa kudu berkerudung? Soalnya kamu seorang muslim. Selama kamu mempunyai keyakinan bahwa Allah itu Tuhan kamu dan Muhammad adalah Rasul Allah, maka keyakinan ini membawa konsekuensi logis. Yaitu nurut pada aturan Allah yang dibawa oleh Muhammad Rasulullah.

…Dengan berkerudung ini kamu akan mudah dikenali identitasnya yaitu sebagai muslimah…

Dengan berkerudung ini kamu akan mudah dikenali identitasnya yaitu sebagai muslimah. Identitas apalagi sih yang nggak lebih membanggakan daripada menjadi muslimah?

Banyak muslimah yang meskipun rambutnya sudah ditutupi kerudung, tergoda untuk mengikuti perilaku jahiliyah sehubungan dengan rambut. Apakah itu? Mengecat rambut salah satunya.

Saya pernah mendapat sms dari seorang teman muslimah yang meminta pendapat sebelum ia mengecat rambutnya dengan sedikit warna merah di bagian muka. Saya sempat bertanya untuk apa? Siapa juga yang akan melihat? Kan rambut tersebut aurat yang harus ditutup dari orang-orang yang bukan mahrom. Ternyata ia menjawab bahwa sekedar ingin gaya dan supaya PD.

Lalu ada teman lainnya yang ketika kerudungnya dibuka di dalam rumah, ternyata rambutnya tidak lagi murni hitam. Tapi sudah kemerah-merahan pertanda polesan cat di permukaannya.

Kedua ilustrasi di atas membuat saya berfikir, ada apa dengan muslimah kita? Kalo dulu, orang berusaha keras untuk mempunyai rambut hitam legam dan berkilau. Sampai-sampai keramas dengan air santan, memakai minyak orang-aring, hingga sari lidah buaya, semua diupayakan demi rambut hitam yang sehat. Tapi kini?

Rambut berwarna merah dan kuning jagung menjadi primadona. Padahal rambut merah ini biasanya identik dengan anak yang suka main layang-layang, trus rambutnya terbakar karena selalau main panasan di terik matahari. Jadi aslinya nggak keren banget punya rambut warna merah.

Begitu juga dengan rambut kuning jagung. Orang yang mempunyai rambut ini biasanya disebut bule. Karena memang rambut warna ini ada karena si pemilik kekurangan pigment tertentu sehingga rambutnya berwarna pucat. Kekurangan pigmen ini adalah sejenis penyakit yang diberi nama penyakit bule. Nah lho, tapi kok malah disuka banyak orang saat ini yah?

Ternyata pergeseran ini bukan tanpa sebab. Penjajahan budaya barat terhadap negeri kaum muslimin sedang gencar dilakukan oleh musuh-musuh Islam. Salah satunya adalah dengan merubah warna dan penampilan rambut.

Kaum perempuan dijadikan kurang PD dengan warna rambutnya aslinya yang hitam legam. Diberikanlah slogan modern bila rambut sudah dicat dengan warna tertentu. Siapa yang diuntungkan? Pabrik cat rambut, tentu. Yang itu semua notabene adalah perusahaan asing dan produknya banyak diimport oleh kaum muslimin.

Dari sisi lain, tanpa sadar sebetulnya jiwa kita itu masih terjajah meski secara fisik sudah merdeka. Gimana enggak kalo sebetulnya yang ditiru itu adalah warna rambut dari orang-orang yang dulu pernah menjajah Indonesia. Seakan-akan apa yang mereka punya termasuk warna rambut selalu dianggap yang lebih unggul dan lebih baik. Padahal terlepas itu semua, Rasulullah sendiri melarang umatnya bersikap tasyabbuh yaitu meniru-niru kaum kafir.

Jadi, ternyata masalah rambut ini bukan hal yang sederhana. Ada banyak pesan di balik kilau indah helai rambut manusia terutama perempuan. Bila ada sehelai kain menutup indahnya rambut, secara tak langsung itu adalah proklamasi ‘Hey….saksikan saya adalah seorang muslimah.” Tapi jangan lupa bahwa niat awal dan utama memakai kerudung adalah karena cinta dan taat kita pada Allah saja, bukan yang lain.

Sudah saatnya kita memerdekakan rambut dari perbudakan. Entah itu hitam, kuning, merah, coklat, putih, biarkan rambut kita menjadi dirinya sendiri. Dan menjadi diri sendiri bagi rambut muslimah cuma satu jawabannya, pake kerudung. So, muslimah … kita pake kerudung saat ini, detik ini juga. Tak ada lagi alasan yang mengada-ada untuk menundanya. Go muslimah! ^_^ [riafariana/voa-islam.com]


TIPS SEHAT RAMBUT BERJILBAB

Jaman terus berkembang…perubahan sudah semakin baik…cuma, terkadang salah kaprah. JILBAB yang semestinya menutup aurat perempuan terutama bagian kepala, dan sebagian dada; saat ini sepertinya sudah berubah.

Demi mengikuti trend dan ngekor gaya salah seorang “artis”, maka JILBAB saat ini semakin pendek saja, “ngepres” kepala, leher, bahkan baju pun semakin membentuk body sang pemakainya. Nah, kalau sudah demikian “harfiah” sekali hadits yang menyatakan hanya memperlihatkan wajah dan telapak tangan ya??

Nah coba deh..pertimbangkan lagi pemakaian JILBAB “gaya baru” itu…ternyata tidak sehat lho !!! Bagi anda yang sering menutupi rambut dengan jilbab, topi atau sejenisnya kesehatan rambut harus anda perhatikan. Udara yang minimal dalam jilbab ternyata bisa merusak rambut anda. Untuk itu simak tips berikut ini:

Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala.

Anda suka model kerudung modern. Boleh saja anda mengkreasikan model kerudung anda hingga berlapis-lapis. Tapi ingat jangan lebih dari 4 helai ya. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas.

Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.

Jika hendak menggunakan jilbab lebih baik anda mengurai rambut anda atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut anda panjang melebihi 60 cm.

Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.

Jangan terlalu sering mengikat kerudung anda di bagian leher. Udara yang keluar masuk ke rambut anda akan semakin menipis jika anda mengikat kerudung di leher. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut mudah bernafas.

Sumber : cahyaiman.wordpress.com