TIPS SEHAT RAMBUT BERJILBAB

Jaman terus berkembang…perubahan sudah semakin baik…cuma, terkadang salah kaprah. JILBAB yang semestinya menutup aurat perempuan terutama bagian kepala, dan sebagian dada; saat ini sepertinya sudah berubah.

Demi mengikuti trend dan ngekor gaya salah seorang “artis”, maka JILBAB saat ini semakin pendek saja, “ngepres” kepala, leher, bahkan baju pun semakin membentuk body sang pemakainya. Nah, kalau sudah demikian “harfiah” sekali hadits yang menyatakan hanya memperlihatkan wajah dan telapak tangan ya??

Nah coba deh..pertimbangkan lagi pemakaian JILBAB “gaya baru” itu…ternyata tidak sehat lho !!! Bagi anda yang sering menutupi rambut dengan jilbab, topi atau sejenisnya kesehatan rambut harus anda perhatikan. Udara yang minimal dalam jilbab ternyata bisa merusak rambut anda. Untuk itu simak tips berikut ini:

Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala.

Anda suka model kerudung modern. Boleh saja anda mengkreasikan model kerudung anda hingga berlapis-lapis. Tapi ingat jangan lebih dari 4 helai ya. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas.

Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membuat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.

Jika hendak menggunakan jilbab lebih baik anda mengurai rambut anda atau jangan mengikatnya terlalu kencang. Untuk menghindari rambut yang digulung sebaiknya jangan biarkan rambut anda panjang melebihi 60 cm.

Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.

Jangan terlalu sering mengikat kerudung anda di bagian leher. Udara yang keluar masuk ke rambut anda akan semakin menipis jika anda mengikat kerudung di leher. Kerudung sebaiknya dilepas hingga bagian tepinya menjuntai agar rambut mudah bernafas.

Sumber : cahyaiman.wordpress.com

Iklan